Sabtu, 11 April 2009

Manfaat Rumput Laut


Ada 4 jenis rumput laut yg terkenal didunia ini, yaitu rumput laut jenis ganggang merah, ganggang cokelat, ganggang hijau dan ganggang biru hijau.
dari keempat rumput laut tersebut, rutput laut dari jenis ganggang merah dan cokelat lah yg paling banyak dimanfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sejak dulu, sudah banyak masyarakat, terutama yg tinggal di wilayah tepi pantai yg memanfaatkan rumput laut sebagai santapan sehari-hari. diolah menjadi sayur, nori, manisan, dan es rumput laut.rumput laut kaya akan kandungan nutrisi, misalnya: enzim, asam amino, asam nukleat, mineral dan vitamin serta tinggi kandungan seratnya yg berguna bgt bagi proses metabolisme tubuh..

Namun karna rumput laut segar tidak bisa disimpan lama, maka rumput laut sering dimanfaatkan dalam bentuk rumput laut kering atau diolah menjadi ekstrak rumput laut. salah satu ekstrak rumput laut yg terkenal adalah bubuk agar(biasa kita sebut agar-agar).

tak hanya dimanfaatkan sebagai bahan baku agar-agar, ekstrak rumput laut pun semakin banyak dimanfaatkan dalam indutri pengolahan pangan dan non pangan. misalnya saja sebagai campuran pada bahan baku es krim, campuran pada industri obat, kosmetik, tekstil, campuran pakan ternak, bahkan sebagai campuran produksi pupuk tanaman.

"info ini saya baca dari majalah ummi, dan semoga dapat bermanfaat ^.* "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar